program studi
kampus

Inilah Program Studi Kuliah Favorit Yang Selalu Diminati

Kelulusan tahun 2020 sudah diumumkan. Hampir semua sekolah lulus tanpa adanya Ujian Nasional karena adanya pandemi COVID-19 yang masih saja belum usai. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena pandemi ini bukanlah keinginan kita. Nah, bagi kamu yang saat ini sudah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) tentunya sedang memikirkan program studi kuliah favorit apa yang akan dipilih. Kita tahu bahwa pemilihan program studi (jurusan) ini bukanlah hal yang mudah. Kamu harus memikirkannya dengan sangat matang dan menyesuaikannya dengan lapangan pekerjaan saat ini dan masa yang akan datang, ketika lulus.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa memilih program studi kuliah memang bukan hal yang mudah, kamu perlu memikirkan dengan sebaik mungkin. Jika perlu, bisa meminta saran ke guru, orangtua atau keluarga, dan membaca buku-buku pilihan program studi. Sekolah-sekolah pun sekarang sering mengundang profesional, alumni sekolah yang bersangkutan, untuk sharing. Para alumni ini memaparkan lapangan pekerjaan apa yang populer sekarang dan di masa yang akan datang. Untuk kamu yang saat ini sedang bingung memilih program studi yang tepat, pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa program studi kuliah favorit yang selalu diminati.

Program Studi Kuliah Favorit Yang Selalu Diminati:

Masih banyak calon mahasiswa yang kebingungan memilih jurusan kuliah. Berikut ini beberapa jurusan kuliah favorit yang selalu diminati dari tahun ke tahun yang diharapkan bisa membantu kamu yang kini sedang kebingungan memilih jurusan yang tepat.

Perlu diketahui bahwa sekarang istilah jurusan tidak dipakai lagi. Dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, istilah jurusan sekarang dinamakan Program Studi, ya. Ini supaya tidak bingung ya …

Teknik, Hukum dan Pendidikan Guru

Dengan adanya perkembangan industri 4.0, tenaga profesional akan sangat dibutuhkan terutama untuk tenaga profesional pada bidang teknik. Diprediksikan kebutuhan insinyur akan meningkat sebesar 22 persen. Tak hanya itu saja, kebutuhan pengacara juga akan meningkat sehingga jurusan hukum masih menjadi pilihan. Selain teknik dan hukum, tenaga profesional guru juga akan semakin meningkat hal ini dikarenakan banyaknya anak-anak yang belum merasakan pendidikan sekolah.

Ilmu Kesehatan Serta Psikologi

Jumlah kepadatan penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat hal ini tentu saja akan berbanding lurus dengan tenaga ahli di bidang kesehatan serta psikologi. Jumlah penduduk yang terus meningkat dan adanya pandemi COVID-19 ini akan memunculkan permasalahan pada kesehatan serta mental sehinga dengan begitu ilmu kesehatan serta ilmu psikologi menjadi program studi kuliah favorit. Program studi yang berhubungan dengan ilmu kesehatan mulai dari dokter, bidan, perawat dan tenaga medis lainnya sedangkan untuk sarjana psikologi akan sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah metal diantaranya seperti depresi serta stres.

Desain, Ilmu Komunikasi Dan Media

Dengan pekembangan teknologi saat ini, media sosial akan semakin banyak dipilih, tentu bagaimana tidak saat ini berbagai kalangan masyarakat baik itu dewasa maupun anak kecil telah menggunakan media sosial. Dikarenakan kondisi ini tentu saja tenaga ahli di yang bisa mengkombinasikan antara marketing serta pengolahan informasi dengan baik sangat diperlukan.

Program studi desain sangat luas. Bila kamu suka dengan desain bangunan, kamu bisa memilih arsitektur atau desain interior. Bila kamu suka fashion, kamu bisa memilih desain tekstil, kriya tekstil, atau busana. Sedangkan kamu yang suka mobil, motor, peralatan lain, kamu bisa memilih desain produk. Selain itu kamu bisa memilih program jurusan desain komunikasi visual, film, jurnalistik, seni dan program studi lainnya yang berkaitan dengan industri kreatif digital.

Bisnis, Matematika Dan Akuntasi

Di tahun-tahun yang akan datang diperkirakan tenaga akuntan serta keuangan akan meningkat. Tak hanya itu saja, tenaga profesional di bidang matematika serta statistik juga masih dibutuhkan.

Sekarang ini banyak sekali orang yang mulai menyadari bahwa mencari lapangan kerja cukup sulit, sehingga bisnis menjadi salah satu bidang program studi kuliah yang pas dan masih menjadi favorit.

Nah itulah program studi kuliah favorit yang selalu diminati dari tahun ke tahun dan memilki potensi mendatangkan lapangan pekerjaan di masa depan. Dari ulasan diatas, saya berharap kamu tidak lagi bingung memilih program studi.

17 Komentar

  • Ulfah Wahyu

    Benar juga mbak, jurusan2 itu selalu jadi favorit ya sekarang. Kalau dulu zaman saya, jurusan favorit ekonomi hehehe. Sekarang sepertinya sudah mulai bergeser.

  • Andina

    Berarti program studi saya dulu termasuk favorit ya, program studi desain komunikasi visual. Memang banyak dibutuhkan, tapi sayangnya masyarakat masih kurang bisa menghargai desain bagus

  • Sulis

    Benar sekali mbak, sebelum mengambil jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang terlebih dahulu. Supaya nanti tidak merasa salah jurusan saat sudah masuk kuliah. Agar tidak salah jurusan bisa konsultasi dengan orang tua atau guru supaya bisa mengarahkan ke jurusan yang sesuai dengan minat dan juga bakat

  • ajeng pujianti lestari

    Wah iya, hukum emang banyak peminatnya mbak karena begitu lulus bisa masuk kemana aja. HI alias Hubungan Internasional kalau di UGM termasuk yang Passing Gradenya tinggi loh

  • Shafira - ceritamamah.com

    Bener nih mbak, jurusan kedokteran jurusan favorit sepanjang masa. Dari bapakku muda smp jamanku jg. Nah kalau skrg keberragamannya makin banyak..termasuk dkv itu jurusan yg baru2 pas tahunku tahun 2008 ya hihi

  • Arsita Rahadiyani Loekito

    Benar ya, itu adalah program program favorit di tanah air ya. Prodi Kedokteran sampai sekarang masih selalu diminati ya.

    Nah, setelah saya berkesempatan mendamping suami di luar negeri, ternyata program studi lain seperti Biologi, Kimia, dan Geografi juga banyak menawarkan pengembangan riset bagi mahasiswanya.

  • Marita Ningtyas

    Jadi Pengen kuliah lagi deh. Pengen ambil psikologi. Dulu zaman SMA rada kudet masalah jurusan begini. Orangtua pun kurang paham. Jadilah asal pilih jurusan. Ya memang kusukai juga sih. Tapi kalau disuruh milih ulang.. aku pengen kuliah psikologi sih.

  • Amel

    Wah prodi kedokteran ternyata masih diminati sampai sekarang ya. Semoga menghasilkan banyak dokter berkualitas.

  • Uniek Kaswarganti

    Anakku sejak mulai masuk sekolah lanjutan sudah kuarahkan ke konsentrasi ilmu multi media. Anaknya punya minat yang berkaitan di bidang itu soalnya. Semoga saja ntar pas masuk kuliah bisa mendapatkan kampus yang sesuai untuk pengembangan kemampuannya.

  • Ira duniabiza

    Iyaaa program studi hukum akuntansi media jadi banyak peminatnya ya.. sbenarnya menurut saya itu karena pemahaman akan dunia kerja masih terbatas sehingga pengetahuan anak2 sma hanya pada jurusan favorit2 saja..

  • Alfa Kurnia

    Wah, prodi saya termasuk dalam daftar. Tapi memang sih karena saya pernah nulis tentang kuliah di Fakultas Psikolog di blogi tiap menjelang tahun ajaran baru banyak adik-adik SMA yang kirim email atau komen di blog tanya-tanya soal kuliah di Fakultas Psikologi.

  • Wiwin Pratiwanggini

    Program studi Desain, Komunikasi dan Media nih paling laku buat yang kreativitasnya tinggi. Kalo bisa balik muda lagi pengin rasanya kuliah lagi ambil prodi ini. Semoga aja salah satu anak saya ada yang tertarik dengan prodi ini. Tapi ya terserah merekalah toh masih banyak prodi lain yang jadi favorit dan sesuai dengan bakat dan minat serta kemampuannya.

  • Dian

    Emang benar, ini jurusan jurusan yg selalu diminati ya…
    Murid2ku juga pas sbmptn banyak yg milih ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *