Yuk Ikut Kompetisi Momen Baca Bersama

Membaca merupakan aktivitas yang biasa dilakukan masyarakat modern. Melalui membaca, kita jadi tahu berbagai berita baik daring maupun luring. Melalui membaca kita pun menambah pengetahuan dan wawasan. Itu sebabnya orang tua mengenalkan membaca buku ke buah hati mereka sejak usia dini. Bahkan calon mama juga sering membacakan untuk kesayangan mereka yang masih dalam kandungan. Memang tidak ada kata terlalu cepat bagi orang tua untuk membacakan buku bagi si Kecil. Bagi bayi yang dianggap belum mengerti apa-apa, mendengar intonasi suara ibu kala membaca sangat berpengaruh pada emosi mereka. Beberapa artikel menjelaskan bahwa ritual membacakan buku merupakan salah satu cara untuk menarik minat baca sejak usia dini. Momen baca bersama menjadi semacam acara sebelum tidur bagi anak-anak yang belum bisa membaca sendiri.

Manfaat Momen Baca Bersama

Semakin bertambah usia si Kecil momen baca bersama dalam keluarga diharapkan merangsang kemampuan berpikir anak serta menciptakan hubungan emosional yang baik dengan orang tua. Berikut beberapa keuntungan dan manfaat momen baca bersama:

1 – Belajar mengenal konsep
Melalui membaca anak tidak hanya dikenalkan dengan kosa kata, tetapi belajar hal-hal baru yang sifatnya abstrak. Misalnya konsep warna, konsep bentuk, benda, dan sebagainya.

2 – Menstimuli kemampuan berpikir
Sering dengar ya istilah “buku adalah jendela dunia”. Maka melalui buku, anak dilatih untuk memahami jalan cerita dan mampu cepat berpikir di berbagai situasi.

3 – Kemampuan sosial lebih baik
Membaca, secara tak langsung meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Selain itu juga mengajarkan cara berkomunikasi dengan baik.

4 – Memperat hubungan dengan orang tua
Membaca bersama menjadi momen menyenangkan dan menguatkan ikatan antara anak
dan orang tua. Melalui momen ini orang tua bisa menyisipkan pesan berbagai aspek kehidupan, informasi, dan diskusi masalah kekinian.

Kompetisi Foto #MomenBacaBersama

Tanoto Foundation, sebuah lembaga filantropi yang berdiri sejak 1981, juga mempunyai prinsip yang sama, yaitu pentingnya momen baca bersama dalam keluarga. Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan, lho, kegiatan seru kompetisi sharing momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget.
Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020.

Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-

Membaca adalah kunci penting dalam pendidikan. Dalam menanamkan kebiasaan membaca kepada anak, orangtua memiliki peran sangat penting, bahkan mungkin yang terpenting. Untuk menularkan semangat #IndonesiaCintaMembaca, yuk ikuti kompetisi foto #MomenBacaBersama.

Langkah-langkah Ikut Kompetisi #MomenBacaBersama

Untuk mengikuti kompetisi #MomenBacaBersama, Anda cukup mengunggah foto/video sedang membaca bersama anak di rumah dengan cara yang sekreatif mungkin.

Syarat dan ketentuan kompetisi #MomenBacaBersama adalah:

  1. Orangtua/pengasuh bersama anak usia 0-6 tahun
  2. Memiliki akun Instagram aktif dan asli
  3. Unggah foto/video membaca bersama anak dengan konsep sekreatif mungkin di feed Instagram
  4. Gunakan hashtag #IndonesiaCintaMembaca dan #MomenBacaBersama
  5. Tag dan mention akun @tanotoeducation dan mention 3 orang temanmu.
  6. Setiap peserta/akun boleh mengunggah foto/video sebanyak mungkin.
  7. Kompetisi berlangsung mulai 10 September hingga 22 Desember 2020
    Setiap bulan, akan dipilih 3 orang pemenang yang akan mendapatkan masing-masing voucher Gramedia senilai Rp500.000 dan paket Anak SIGAP berupa alat permainan edukatif (APE) loose parts.

Tunggu apa lagi, yuk segera ikutan!

16 pemikiran pada “Yuk Ikut Kompetisi Momen Baca Bersama”

  1. Terimakasih informasinya
    Anak saya sih udah tujuh tahun tapi bisa saya rekomendasikan ke teman dan suadara di komunitas baca. Semoga geliat literasi baca di negara kita terus meningkat ya

  2. Kompetisinya menarik ya bisa meningkatkan keingintahuan anak tentang membaca. Tertarik buat ikutan kompetisinya tapi ada daya anak dah gede mau kuliah :))

  3. Wahhh. Menarik nih. Sampai sekarang saya masih membaca bareng anakku yg lanang yg udah 15 tahun. kami biasanya membaca komik yang lucu, trus memainkan cara membacanya. Sehingga kami bisa tertawa terbahak-bahak bersama. Wkwkwk

  4. Menarik kompetisinya, semoga bisa mendorong anak-anak dan ortunya agar bisa mencintai literasi. Kegiatan semacam ini bagus banget untuk membangun bounding antara ortu dan anak.

Tinggalkan komentar